Jumat, Juni 06, 2008

Sebutan Arsitek

Ada pergeseran tentang sebutan arsitek belakangan ini yang telah merambah ke semua bidang pekerjaan bukan hanya perancang sebuah bangunan atau gedung, pelatih sepak bola (biasa komentator sepak bola di tv bilang begitu), pembuat kebijakan, pembuat strategi bahkan pembuat suatu acara di televisi sering disebut arsitek.
Untuk lebih jelas mari simak kutipan di bawah ini:
"Arsitek" berasal dari Latin architectus, dan dari bahasa Yunani: architekton (master pembangun), arkhi (ketua) + tekton (pembangun, tukang kayu).
Istilah arsitek seringkali diartikan secara sempit sebagai seorang perancang bangunan, adalah orang yang terlibat dalam perencanaan, merancang, dan mengawasi konstruksi bangunan, yang perannya untuk memandu keputusan yang mempengaruhi aspek bangunan tersebut dalam sisi estetika, budaya, atau masalah sosial. Definisi tersebut kuranglah tepat karena lingkup pekerjaan seorang arsitek sangat luas, mulai dari lingkup interior ruangan, lingkup bangunan, lingkup kompleks bangunan, sampai dengan lingkup kota dan regional. Karenanya, lebih tepat mendefinisikan arsitek sebagai seorang ahli di bidang ilmu arsitektur, ahli rancang bangun atau lingkungan binaan.
Arti lebih umum lagi, arsitek adalah perancang sebuah skema atau rencana (lingkungan binaan, gedung).
Dalam penerapan profesi, arsitek berperan sebagai pendamping, atau wakil dari pemberi tugas (pemilik bangunan). Arsitek harus mengawasi agar pelaksanaan di lapangan/proyek sesuai dengan bestek dan perjanjian yang telah dibuat. Dalam proyek yang besar, arsitek berperan sebagai direksi, dan memiliki hak untuk mengontrol pekerjaan yang dilakukan kontraktor. Bilamana terjadi penyimpangan di lapangan, arsitek berhak menghentikan, memerintahkan perbaikan atau membongkar bagian yang tidak memenuhi persyaratan yang disepakati.
Arsitek harus mempunyai kompetensi yang diakui dan sesuai dengan ketetapan organisasi serta melakukan praktik profesi arsitek (ad/art
iai) tentunya dalam bidang arsitektur. (sumber wikipedia, iai)

Tidak ada komentar: