Selasa, April 15, 2008

Reduce, Re-use, Recycle

Hari Sabtu kemarin akhirnya saya bisa relaks sejenak dari rutinitas kantor yang kadang mesti dibawa pulang ke rumah. Ini kesempatan untuk bermain dan bercanda bersama anak-anak yang suka komplain kalo dirumah saya masih kerja. Seharian saya hanya menonton film-film kartun kesukaan anak saya, mulai Tom & Jerry, Dora, Diego dan film boneka animasi “BOB THE BUILDER”. Kenapa judul film terakhir saya tulis dengan huruf kapital dan memakai tanda kutip?
Karena dari film tersebut saya bisa mendapatkan ide tentang bagaimana sebuah desain bisa direalisasikan pada proyek yang berkelanjutan (sustainable, impian yang harus jadi kenyataan).
Dalam film tersebut Bob Si Pembangun memaparkan gagasannya tentang desain Sunflower Valley yang ia rancang bisa dibangun dengan konsep modern tanpa mengesampingan sumber daya lokal. Dengan konsep “Reduce, Re-use, Recycle” (mengurangi, menggunakan kembali dan daur ulang) semua potensi yang ada pada lokasi proyek dia gunakan dan dilibatkan secara optimal, dari sumber daya manusia, sumber daya alam dan potensi energy.
Bob Si Pembangun mengajak masyarakat untuk turun serta dalam pembangunan, mengurangi penebangan pohon, menghemat penggunaan bahan bakar, menggunakan material lokal atau barang bekas yang masih layak pakai, mendaur ulang sampah dijadikan kompos untuk menyuburkan tanaman dan pohon di taman, mengelola air, angin dan sinar matahari untuk energy listrik.
Jadilah Bob The Builder!!! Atau paling tidak kita bisa ambil konsepnya dan diterapkan di lingkungan sekitar kita, untuk membantu mengurangi pemanasan global.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

bagus bisa dapt ide dari mana saja!!

KamalK mengatakan...

Thanks! telah mampir dan berkomentar.