Selasa, April 22, 2008

Rumah Tumbuh, Renovasi Bertahap

Rumah ini berada pada daerah perumahan pinggiran Jakarta, pada awalnya rumah ini tipikal real estat type 45 m2 luas tanah 120 m2 dengan sistem cluster. Ketika membeli rumah, pemilik sudah mempunyai rencana untuk pengembangan rumah ini dikemudian hari.
Namun karena budget terbatas maka program renovasi dibuat 2 tahap, yang pertama hanya menambah kamar tidur anak, r. pembantu, ruang service (km/wc dan tempat cuci) serta menambah akses pintu masuk dari depan, agar tidak menggangu kalo lagi ada tamu, tetapi hubungan ruang tetap diusahakan mengakomodir ruang yang akan dikembangkan berikutnya. Pada renovasi awal ini tidak semua dinding dibongkar, melainkan mempertahankan apa yang bisa dipakai, sebagai strategi penghematan terhadap biaya yang memang terbatas.
Pada renovasi tahap 2, adalah menambah lantai ke atas, konsekuensinya salah satu kamar tidur anak dihilangkan menjadi tangga akses naik, kamar tidur anak lainya dijadikan musholla, sedangkan kamar tidur utama bisa dijadikan sebagai ruang kerja atau kamar tidur untuk kerabat atau keluarga yang datang dari jauh.
Penambahan ruang pada lantai 2, yaitu kamar tidur utama+km/wc, 2 kamar tidur anak, ruang keluarga dan km/wc komunal.
Perkuatan struktur pun dilakukan pada daerah tertentu yang benar-benar memikul beban, dengan cara menyuntik kolom praktis yang ada dan menambah pondasi serta kolom yang diperlukan.
Bentuk fasad dibuat simpel dengan atap pelana biasa serta material yang umum digunakan. Perkerasan pada carport dengan material grassblock yang berfungsi sebagai resapan. Area taman depan dibuat tanpa pagar karena memang cluster sistem dan kebijakan dari pihak pengembang untuk tidak membuat pagar permanen, kecuali dari tanaman. Sedangkan area belakang dijadikan taman/courtyard yang berfungsi sebagai buffer terhadap udara panas dan juga sebagai tempat jemur.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah,,,blog yang bagus.....
Artikel "rumah tumbuh, renovasi bertahap" menarik....
Saya tunggu artikel berikutnya...