Selasa, Mei 20, 2008

Tentang Hemat Energi

Hemat Energi kata yang sekarang banyak disebut-sebut, baik pemerintah, masyarakat dan dunia, apalagi dengan isu kenaikan harga BBM baru-baru ini.
Hemat energi memang perlu dilakukan, terutama energi yang tidak dapat diperbaharui, mengingat sumbernya yang semakin terbatas.
Langkah pertama penghematan energi adalah dengan mengenali energi apa saja yang bisa diperbaharui dan tidak, selanjutnya kelola dan manfaatkan energi itu secara tepat guna, agar energi tidak ada yang terbuang percuma.
Mulailah menghemat energi dari diri kita sendiri, rumah dan lingkungan sekitar. Misalkan pastikan setiap sudut rumah mendapatkan cahaya alami yang cukup sepanjang hari sehingga tidak perlu menggunakan cahaya buatan atau lampu. Namun, cahaya alami yang dihasilkan dari sinar matahari juga menghasilkan panas. Agar suhu udara di dalam rumah tetap nyaman, maka panasnya mesti dikelola secara benar.
Idealnya suhu di dalam rumah ±25ÂșC, pada suhu ini manusia bisa beraktivitas dengan nyaman.
Pemakaian listrik dan perangkat yang menggunakan listrik cukup memboroskan energi dan turut menyumbang terhadap pemanasan global. Oleh sebab itu optimalkan pemanfaatan listrik, air atau bahan bakar minyak. Cari alternatif energi dari sumber lain; Matahari, Air, Angin, atau cari energi dari sumber yang dapat diperbaharui lainnya dan tentunya tidak berbahaya dan aman bagi penghuni bumi ini.
Bumi Hijau, Langit Biru, Air Bening.....Semoga..!!!

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Thanks for share and interesting ..



ST3 Telkom

Vonie Cornelia mengatakan...

Artikel ini sangat menarik. Terimakasih atas informasi yang telah diberikan. Informasi ini sangat membantu

ST3 Telkom