Kamis, Maret 27, 2008

Pantai Indah Cijayana

Cijayana adalah nama sebuah daerah di bibir pantai laut selatan (Samudra Hindia). Secara geografis termasuk wilayah Kabupaten Garut bagian selatan yang berbatasan dengan kabupaten Tasikmalaya dan Cianjur. Menurut cerita dari orang tua, Cijayana asal kata dari (Ci: lemah cai atau tanah air bisa berarti tempat, Jayana: jaya salilana dalam bahasa indonesia jaya selamanya) Cijayana berarti tempat yang jaya selamanya.
Pantai ini memiliki danau kecil di lokasi tepi pantainya. Dan kegiatan yang bisa dilakukan di pantai yang masih belum terkelola ini adalah ; menikmati pemandangan, fotografi, memancing, piknik, berjemur, jalan-jalan, dan bermain di tepi pantai. Lahan dari kawasan pantai Cijayana adalah tanah desa yang diperuntukkan guna pertanian, alokasi tempat pariwisata, dan sebagian besar masih berupa tanah kosong yang belum dikelola. Selain pantai yang indah dengan debur ombak yang rata-rata 1 meter bahkan lebih yang bisa digunakan untuk olah raga selancar (surfing), juga mempunyai sungai Cikandang yang bermuara ke laut dan berpotensi untuk arung jeram.
Karena belum banyak tersentuh pantai dengan pasir yang coklat (di daerah tertentu ada yang berpasir putih) ini kelihatan alami dan bersih mengundang selera untuk berenang. Kualitas lingkungan di pantai ini cukup dan tidak terdapat berbagai bentuk pencemaran, kebersihan dan kondisi bentang alamnya pun masih terjaga dan belum tereksploitasi.
Untuk menuju kawasan pantai Cijayana, bisa dari Garut melalui Pameungpeuk ± 30 menit dari Panti Santolo atau bisa dari Bandung melalui Pangalengan dan Cisewu menuju Rancabuaya. Dari jalur utama pansel (lintas pantai selatan) yang lagi dibangun terdapat jalan raya dengan kelas jalan kecamatan yang mempunyai lebar 3,5 m, terdapat jalan akses menuju lokasi pantai ±1 km dengan kualitas yang cukup. Sedangkan untuk transportasinya terdapat kendaraan umum yang berupa ojek dengan biaya berkisar Rp. 3000-5000/orang (dari kampung terdekat ke lokasi pantai). Fasilitas pendukung yang ada di pemukiman terdekat yaitu berupa warung; yang terdapat di depan jalan masuk ke lokasi pantai, tempat ibadah berupa musholla penduduk, fasilitas kesehatan berupa Puskesmas pembantu, dan fasilitas keamanan desa setempat yang menunjang keamanan menuju ke lokasi.

Tidak ada komentar: