Minggu, Mei 10, 2009

Sejuta manfaat dari bambu

Ada pepatah orang tua dulu, kalo mau hari tua tidak susah tanamlah kelapa atau bambu, pepatah ini memang bukan isapan jempol belaka, ada benarnya dan memang benar. Baiklah sekarang kita bahas bambu, kelapanya diabaikan dulu!

Bambu, buluh, awi dan sebutan lain namanya memang mempunyai banyak kegunaan dan manfaat, selain mempunyai jenis yang sangat banyak.

Di kehidupan masyarakat desa, bambu sangat dekat dan dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan masyarakat desa. Aktifitas kehidupan sehari-hari pun tak luput dari pemanfaatan bambu sebagai bahan makanan (rebung), pembungkus makanan (daun), makanan ternak (pucuk muda), sapu lidi, kerajinan untuk kebutuhan rumah tangga, cinderamata dan meubeler, bahan industri (pulp dan kertas), konstruksi (jembatan, bangunan rumah, tiang, sekat, dinding, atap dan penyanggah), bahan bakar dan untuk upacara adat.

Manfaat lain dari bambu yaitu memiliki keunggulan untuk memperbaiki sumber tangkapan air yang sangat baik, sehingga mampu meningkatkan aliran air bawah tanah secara nyata. Selain itu bambu merupakan tanaman yang mudah ditanam, tidak membutuhkan perawatan khusus, dapat tumbuh pada semua jenis tanah (baik lahan basah/kering), tidak membutuhkan investasi besar, pertumbuhannya cepat, setelah tanaman 3 s.d 5 tahun dapat di panen setiap tahun tanpa merusak rumpun dan memiliki toleransi tinggi terhadap gangguan alam dan kebakaran. Bambu juga memiliki kemampuan peredam suara yang baik dan menghasilkan banyak oksigen sehingga dapat ditanam di pusat pemukiman dan pembatas jalan raya.

Jadi kalo mempunyai lahan, mulailan sekarang untuk menanam bambu untuk kelangsungan hidup yang lebih baik. (Sumber : dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar: