Minggu, Juli 10, 2011

Tradisi Dalam Arsitektur (2)

Keenam tradisi tersebut adalah sebagai berikut :

1. Tradisi Logis

Tradisi ini didasarkan pada cara berpikir yang sistematis, sejalan dengan hokum alam dan mengikuti perkembangan teknologi. Disini teknologi adalah di atas segalanya.

Sangat baik untuk dikembangkan, tetapi perlu pendekatan ke arah apa yang terdapat di Indonesia sendiri; yaitu hasil-hasil alamnya dan hasil seni yang berasal dari tradisi rakyatnya. Kalau tidak, mungkin orang akan mengalami kejenuhan, karena nilai seni kurang digali kembali.

2. Tradisi Intuitif

Pengungkapan kreatifitas dan emosi yang menghasilkan bentuk-bentuk yang menakjubkan, serta menutup mata terhadap reaksi-reaksi orang di sekelilingnya.

Kurang baik untuk dikembangkan karena kemungkinan besar akan menemui tantangan dalam masyarakat.

Memang ada beberapa fungsi yang mengharapkan tradisi ini diterima ooleh masyarakat secara baik, yaitu suatu fungsi yang memang mengharapkan perhatian dari masyarakat dalam lingkungannya. Akan tetapi untuk Indonesia, belum banyak diterapkan.

Tradisi intuitif dengan ramalan atau penglihatan yang jauh ke depan dapat memberikan gambaran ke masa mendatang, sehingga dapat merangsang dan memperlihatkan potensi arsitek.

3. Tradisi Aktivis

Mempunyai ciri lebih menonjolkan hasil karya arsitektur untuk dapat memenuhi tuntutan hidup masyarakat dan mengutamakan bentuk-bentuk yang mampu berkomunikasi dengan masyarakat dan memusatkan diri pada bentuk-bentuk ini.

Tradisi ini sangat baik untuk diterapkan di Indonesia, untuk menolong masyarakat yang berpenghasilan rendah yang mencapai sebagian besar dari jumlah rakyat Indonesia. Tetapi sifatnya hanya sebagai peralihan ke arah suatu kehidupan yang lebih baik lagi.

Emosi arsitek terlihat juga pada saat-saat tertentu, tapi lebih banyak ke arah ide yang praktis, murah dan lebih manusiawi dengan disertai kemamppuan untuk memilih bahan secara tepat.

4. Tradisi Idealis

Mencoba menciptakan keseimbangan antara arsitek secara pribadi dengan bentuk-bentuk yang umum atau yang dikenal oleh masyarakat. Sangat memperhatikan fungsi, maka hasilnya adalah suatu bentuk yang mempunyai kepribadian sendiri, sesuai dengan kurun waktu tertentu. Bangunan-bangunan yang mempunyai bentuk sama atau klise dianggap tidak ideal.

Tradisi ini mengutamakan komunikasi, dengan maksud agar dapat mudah dimengerti.

5. Tradisi Self-Conscious

Karya-karyanya mempunyai karakter yang dapat memproyeksikan faham yang dianutnya dan kekuasaan suatu faham pada era tertentu. Misalnya suatu bangunan pemerintahan mempunyai suatu ciri dan corak pemerintahan pada waktu itu.

Tradisi ini sangat terpengaruh oleh keadaan sosial-politik

6. Tradisi Unself-Conscious

Karya-karyanya cenderung pada usaha peningkatan keadaan sosial budaya masyarakat dengan mengembangkan lingkukangnya sendiri, berdasarkan kebiasaan, adat dan bukan didasari oleh suatu ideologi.

Tradisi ini mempunyai kelemahan, yaitu; Program kesejahteraan yang berlaku selalu tidak memadai, dan kaku, bahkan tidak manusiawi dalam pelaksanaannya.

Tradisi ini sangat besar pengaruhnya dalam arsitektur dan sempat mempengaruhi sekitar 80% (delapan puluh persen) dari lingkungan di dunia. (lanjut)

Kamis, Juli 07, 2011

Arsitek, untuk hunian layak, dibutuhkan, diperlukan???

Dalam rumah yang sehat terdapat keluarga yang sehat. Bukan kata-kata mutiara, bukan pula pesan sponsor. Tak perlu dipergunjingkan lagi secara otomatis memang sudah menjadi keharusan, sudah menjadi kebutuhan pokok setiap manusia, sesudah pangan dan sandang.

Sudah kehendak takdir semua mahluk bernyawa membutuhkan tempat tinggal sesuai kondisinya masing-masing. Tengok saja masyarakat semut yang sibuk mengorek lubang dan masyarakat burung yang sibuk mengumpulkan lalu menata ranting membuat sarang sebagai tempat tinggalnya, atau masyarakat keong dan kerang yang secara kodrati telah disubsidi masing-masing mendapat jatah sebuah “rumah” tanpa harus mengisi formulir, tanpa harus mengajukan KPR ke bank, tanpa membayar uang muka maupun cicilan.


Tentu saja, apalagi manusia. Sebagai mahluk paling pintar, paling hebat, paling bisa dan memang paling-paling di dunia ini, jelas membutuhkan tempat tinggal yang serba lebih dari segala mahluk lainnya.


Rumah Sehat Murah, sebuah rangkaian kata yang sederhana, tetapi tidak sesederhana itu usaha-usaha yang harus dilakukan untuk memenuhi jumlah kebutuhan yang terus meningkat.

Bicara soal rumah, rasa-rasanya tak seorang Arsitek pun boleh mengelak dari soal ini. Lantas kalau tadi pagi dokter Puskesmas mengatakan Mang Omo yang Penjaga Pintu Kereta sekaligus penjaga keselamatan manusia, percuma saja mondar-mandir membawa anaknya yang sakit-sakitan melulu ke Puskesmas, kecuali kalau Mang Omo mengobati pula rumahnya sehingga menjadi rumah sehat.

Waktu dokter menganjurkan supaya Mang Omo minta petunjuk Arsitek, ia bingung tujuh belas keliling. “Arsitek itu apa sih?” tanyanya. Lalu dokter yang ramah itu cuma menjawab: “Tanya saja pada juragan pemilik kontrakan yang Bapak tempati.”


Tapi ketika Mang Omo mengutarakannya pada Juragan pemilik rumah, yang terakhir ini cuma nyengir ditambah seucap kata: “Muahal” katanya sambil melengos.

Sedikitpun ini bukan komedi.